• SMK NEGERI 9 BATAM
  • School of Digital Era

Kata Pengantar

Kepsek SMKN 9 Batam

Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Segala puji dan syukur kita panjatkan kepada Allah SWT, disertai perasaan bangga saya menuliskan kata sambutan kepala sekolah, dengan hadirnya SMK Negeri9 Batam.Melalui Website ini akan memberi gambaran sekilas tentang program-program dalam upaya meningkatkan kualitas pendidikan, kegiatan-kegiatan sekolah, informasi-informasi terkini di SMK Negeri 9 Batam.  Informasi ini diharapkan dapat memberikan kemudahan bagi pihak-pihak luar dalam mengakses informasi SMK Negeri 9 Batam.

SMK Negeri 9 Batam dibawah naungan Dinas Pendidikan Provinsi Kepulauan Riau.Mengingat Kota Batam merupakan kawasan industri yang berkembang pesat, sehingga memerlukan sumber daya manusia berkompenten dibidang masing- masing.Oleh karena itu kami bertekad menghasilkan lulusan berakhlak, berkualitas, kreatif, mandiri dan proaktif dalam persaingan yang terampil dan siap terjun di dunia kerja.

SMK Negeri 9 Batam merupakan SMK Negeri pertama yang memiliki fokus Kompetensi Keahlian Animasi dan Desain Komunikasi Visual di Kota Batam, yang beralamat di Jl. S. Parman Kelurahan Tanjung Piayu Kecamatan Sei Beduk Kota Batam.Pembangunan fisik baru dimulai sejak tahun 2010 hingga 2021, di atas tanah seluas 1,6 ha. Lokasi lahan berada di tanah kawasan hutan bakau. Sekolah ini berada di antara Kav.Pancur Pelabuhan dan Perumahan Rhabayu Asri.

Proses pembelajaran dimulai Tahun Pelajaran 2021/2022, dengan jumlah seluruh siswa sebanyak 33 siswa. SMK Negeri 9 Batam sudah menujukkan kepeduliannya terhadap kemampuan dan kompetensi seni rupanya, antara lain dengan mengikut sertakan siswa pada berbagai kompetisi seperti lomba photografi, lomba vlog, desain dan mural.

Di awal berdirinya, SMK Negeri 9 Batam memiliki 2 Kompetensi Keahlian yaitu Desain Komunikasi Visual dan Animasi. SMK Negeri 9 Batam berencana membuka kompetensi keahlian. Desain Komunikasi Visual (DKV) bertujuan untuk menguasai dan memahami pembuatan desain, editing gambar dan video. Selain itu siswa akan diajarkan cara dan memahami teknik fotografi serta terampil dalam menggunakan tool yang digunakan dalam pembuatan desain. Kompetensi ini mempunyai prospek kerja ataupun membuka usaha yang menjanjikan dibidang digital seperti desainer grafis, illustrator, fotografer, video editor, director of photography, konten creator.

Sedangkan Kompetensi Keahlian Animasi siswa/ siswi diharapkan mampu dalam pembuatan dan teknik dasar film 2D dan 3D.Siswa/i menguasai dan memahami dasar dalam pembuatan desain karakter serta modeling.Tidak kalah menarik prospek kerja kompetensi keahlian animasi seperti studio Animasi dengan penghasilan yang menjanjikan. Selain itu, lulusan Animasi dan mengisi profesi sebagai animator 2d dan 3d, editor film, desainer film, stroryboard artist, atau pun freelancer.

Pada Tahun 2022/2023 ini SMK Negeri 9 Batam akan menambah Kompetensi Keahlian Akuntansi dan Keuangan Lembaga. Dimana sekolah berharap dengan dibukanya Kompetensi Keahlian ini dapat menghasilkan lulusan tenaga Akuntansi yang memiliki kompetensi dan profesi yang unggul.Hal ini didukung oleh adanya penambahan materi berupa bea cukai/ kepabeanan dan perpajakan.

Kami berharap website ini dapat dijadikan sarana interaksi yang positif baik antar warga sekolah maupun masyarakat pada umumnya sehingga informasi dapat tersampaikan dengan baik. Kami juga mengucapkan terima kasih kepada Kepala Dinas Provinsi Kepulauan Riau beserta jajarannya yang selalu memberikan dorongan untuk perkembangan sekolah ini, selain itu tak lupa pula mengucapkan terima kasih kepada  seluruh jajaran guru dan staf yang turut aktif dalam mengembangkan wesite ini sehingga dapat memperkenalkan SMK Negeri 9 Batam ke masyarakat luas. Kami menyadari bahwa website ini masih jauh dari sempurna, untuk itu kami sangat menerima saran dan kritik membangun guna menuju kesempurnaan website ini.


Wassalamualikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Komentari Tulisan Ini
Halaman Lainnya
TEKNIK INSTALASI TENAGA LISTRIK

                                            Tujuan Kompetensi Keahlian Tekn

22/02/2023 11:11 - Oleh smkn9btm - Dilihat 229 kali
TEKNIK PENGELASAN

                                            Tujuan Kompetensi Keahlian Tekn

22/02/2023 11:08 - Oleh smkn9btm - Dilihat 296 kali
TEKNIK PEMESINAN

                                            Tujuan Kompetensi Keahlian Tekn

22/02/2023 10:59 - Oleh smkn9btm - Dilihat 324 kali
GTK

Isi Kegiatan Guru dan Tenaga Kependidikan di SINI

15/06/2022 17:18 - Oleh smkn9btm - Dilihat 581 kali
OSIS

ISI KEGIATAN OSIS DI SINI

15/06/2022 17:18 - Oleh smkn9btm - Dilihat 611 kali